24 Des 2014

Tutorial Membuat Photo ‘Me and Me’ dengan Photoshop




Tutorial saya kali ini, saya akan membuat teknik photo kita sendiri berjumlah lebih dari satu dalam satu tempat atau saya menyebutnya teknik photo Me and Me, coba anda perhatikan hasil akhir tutorial ini dari photo diatas ini.


Ok, Langsung saja kita mulai tutorial nya, untuk mengedit photo diatas itu saya menggunakan Photoshop. Saya pikir berapapun versinya mungkin bisa, karena disini saya hanya bermain layer dengan cara meng-crop beberapa photo lalu di gabungkan, tanpa menyeleksi secara detail tubuh kita. Saya sendiri menggunakan Photoshop CS 5.
A.      Petunjuk Teknis
Satu syarat membuat photo effect Me and Me adalah anda harus mendapatkan photo berkualitas baik dan harus diposisikan di satu tempat.

Saya mengambil 4 buah photo, pada tempat yang sama tanpa pergeseran sedikitpun. Hanya saja kita tinggal berpindah-pindah dengan fose yang berbeda beda. Sebaiknya anda menyimpan kamera anda kemudian gunakan Timer. Berikut Tips secara teknis untuk cara mengambil photonya.

B.      Tahap Editing.
1.       Pertama-tama buka Photoshop anda kemudian buka Photo-photo anda, File à Open (Ctrl + O) [buka semua photo anda, lalu susun dalam beberapa layer, dengan satu layer Background seperti ini]
2.       Pada Layer 4 atau Layer paling atas, seleksi sekotak atau bagian yang kosong. Perhatikan gambar dibawa ini :


3.       Gunakan Rectangular Tool (M) untuk memotong dan menghapus baian photo yang diseleksi, susun setiap layernya sehingga tumpukan hasil photo yang dipotong dan hapus menjadi muncul [photong dan hapus bagian photo yang tidak perlu, perhatikan contoh]

 
4.       Lakukan terus menerus hingga tersusun menjadi satu photo seperti berikut.

 

5.Perhatikan garis berwarna merah di nomor. 4. Garis merah tersebut merupakan batas potongan photo dari setiap layernya. Setiap photonya yang di ambil pastil memiliki pencahayaan yang berbeda-beda sehingga garis potongan photo tersebut terlihat kontras. Ini masalah mudah, Gunakan Eraser Tool dengan Opacity 50 %. Kemudian sapukan pada pinggiran photo yang saling berbatasan.


6.       Setelah terlihat rapi dan nampak menyatu, Pilih semua Layer lalu klik kanan kemudian Merge Layer. Supaya photo menjadi satu layer. Kemudian pilih Image à Adjustment à Brightness/Contrast. Atur sesuai kebutuhan agar warna kontras semua photo terlihat sama dan nampak nyata. [Perhatikan photo dibawah ini]




7.       Setelah melakukan Finishing silahkan tambahkan teks atau effek lain agar editan photo anda nampak sempurna. Save As à JPG dengan kualitas photo terbaik. Selesai.

Sekian saja Tutorial Membuat Photo ‘Me and Me’ dengan Photoshop dari saya, mohon maaf jika masih banyak ke kurangan, karena saya juga masih belajar. Silahkan komentar di postingan ini jika ada tahap-tahap yang kurang jelas, samapai ketemu lagi di tutorial berikutnya, Salam fanmuse J Terima Kasih.






0 komentar:

Posting Komentar

"aku sangat senang bila anda dapat meninggalkan komentar disini"